Rabu, 10 Februari 2021

NOTASI LAGU (KELAS 4)

 

Salah satu suku bangsa di Indonesia adalah suku bangsa Papua. Suku bangsa Papua mayoritas tinggal di Pulau Papua. Ayo, mengenal salah satu lagu dari Papua. Salah satu lagu terkenal dari Papua adalah “Apuse”. Lirik lagu “Apuse” menceritakan kisah perpisahan seseorang dengan kakek dan neneknya. Si cucu ini akan merantau ke negeri seberang. Perhatikan notasi lagu “Apuse” berikut. 

Agar lebih bersemangat, sekarang bisa menyanyikan lagu Apuse bersama saudara atau pun orang tua di rumah ya!



Setelah kamu menyanyikan lagu tersebut, dapatkah kamu rasakan naik turunnya nada pada lagu “Apuse”? Pada bagian mana lagu dinyanyikan dengan nada tinggi?  Pada bagian mana lagu dinyanyikan dengan nada rendah dan nada tinggi?

Garis melodi adalah garis yang mengindikasikan nada lagu supaya tidak terjadi kesalahan pada saat menyanyi. Garis melodi berbentuk garis naik, rata, turun, dalam suatu lagu yang dinyanyikan. Garis naik dinyanyikan dengan nada tinggi. Garis turun dinyanyikan dengan nada rendah.


Lagu akan terdengar indah karena berbagai unsur musik yang digabungkan. Unsur-unsur yang membentuk sebuah lagu antara lain:
a. notasi musik
Ada 2 jenis notasi musik, yaitu notasi angka dan notasi balok. Dengan notasi, kita dapat mengenal, membaca, menulis, dan menyanyikan lagu.

b. tanda kunci
Tanda kunci ada 3 macam, yaitu kunci G, kunci C, dan kunci F. Digunakan pda garis paranada untuk menunjukkan letak titinada.

c. melodi
Melodi adalah rangkaian sejumlah nada atau bunyi berdasarkan perbedaan tinggi rendah atau naik turunnya.

d. ritme/irama
Ritme/irama adalah gerak teratur karena munculnya aksen secara tetap

e. harmoni
Harmoni adalah keselarasan paduan bunyi.

f. tempo
Tempo adalah cepat atau lambatnya sebuah lagu.

g. dinamik
Dinamik adalah keras lembut lagu dan perubahannya.

h. tangga nada
Tangga nada adalah urutan nada yang disusun secara berjenjang.

i. ekspresi
Menyanyi dilaKukan dengan sepenuh perasaan, baik itu gembira, sedih, khitmad, dan syahdu.












Novita Wulandari

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar