Selasa, 26 April 2022

Paparan Iklan Melalui Media Radio, Televisi, dan Internet


Assalamualaikum Wr. Wb, Selamat pagi anak - anaku semua. untuk mengantisipasi yang tidak kebagian buku paket maka pak guru sediakan juga versi elektroniknya disini.

Nah buat anak-anak yang mendapatkan buku cetaknya bisa juga langsung melihat materi yang akan pak guru bahas disini pada Buku Tema 9 Sub Tema 1  Halaman 57 - 59.

Ok anak - anak, kemarin kita sudah membahas beberapa jenis iklan elektronik, Nah untuk kali ini kita akan fokus ke paparan iklan , atau bahasa mudahnya penjabaran iklan secara rinci. nah agar lebih jelas baca dengan cermat penjelasan dan contoh paparan iklan dari beberapa media dibawah ini.

Perhatikan tiga paparan iklan melalui media radio, televisi, dan internet berikut. 

1. Paparan Iklan Melalui Radio 

Untuk menayangkan iklan melalui radio perlu dibuat naskah terlebih dahulu. Naskah iklan radio sesuai konsep dari produk yang akan diiklankan. Naskah iklan radio dibuat dengan mempertimbangkan skenario iklan, baik dialog, monolog, musik, maupun efek suara. Musik dan efek suara dalam naskah iklan radio diperlukan untuk menciptakan suasana yang mendukung skenario. Amati paparan iklan radio melalui naskah berikut



Apa isi iklan radio yang dapat kamu amati dari naskah di atas? Berdasarkan naskah iklan radio, dapat disimpulkan bahwa iklan radio yang akan dipaparkan berisi ajakan untuk menggunakan Segar Wangi, pengharum ruangan yang bisa menghilangkan bau tidak sedap dan mengusir lalat dalam sekejap.

2. Paparan Iklan Melalui Televisi 

Pembuatan iklan televisi diawali dengan membuat rancangan. Rancangan dalam bentuk skrip dan papan cerita (sketsa gambar yang disusun berurutan sesuai naskah). Setelah disetujui oleh pengiklan barulah rancangan iklan itu dibuat di rumah produksi. Berikut contoh paparan iklan melalui televisi. 

Berdasarkan gambar iklan melalui televisi di atas kamu dapat mengetahui isi iklan yang akan dipaparkan melalui televisi. Isi iklan tersebut yaitu cara mudah membuat mulut segar. Hanya dengan permen karet “Planet Segar”, mulutmu akan terasa segar, sesegar habis menggosok gigi



3. Paparan Iklan Melalui Internet


Itulah salah satu contoh iklan yang dipaparkan melalui internet. Iklan di atas merupakan iklan internet jenis banner. Iklan internet jenis banner yaitu iklan pada papan iklan mini yang tersebar pada sebuah halaman web. Isi iklan internet tersebut adalah menawarkan produk makanan. Produk makanan yang ditawarkan adalah mi instan dengan merk Yumi Mie. Mi instan ini dapat dinikmati saat sibuk ataupun santai, baik sendiri maupun bersama teman-teman. Yumi Mie merupakan makanan cepat saji yang enak jika dinikmati saat masih hangat. Suasana pun akan semakin hangat dengan ditemani Yumi Mie.

 

Ayo Berlatih !

Kamu telah memahami berbagai bentuk iklan elektronik. Sekarang, coba kamu pilih satu bentuk iklan elektronik yang sudah kamu pelajari sebelumnya. Buatlah contoh iklan elektronik. Cantumkan naskah iklannya jika iklan yang kamu pilih iklan radio atau iklan televisi.  Tuliskan kesimpulan 


Petunjuk !!

Jadi silahkan anak - anak amati satu iklan saja, pilih boleh iklan di Televisi, Radio maupun Internet.

Merek : Di isi merek dari iklan yang anak - anak amati

Media : ( Elektronik - ..............) titik - titik silahkan isi TV, Radio maupun Internet

Waktu : ( lama iklan ini muncul di layar maupun berapa lama suara radio berlangsung di iklan ini )

Iklan : Ambil saja teks iklan yang menonjol, jika memungkinkan maka anak-anak boleh menyalin semua teks atau ucapan yang ada di Iklan.

Kesimpulan : ( Iklan diatas secara keseluruhan membahas tentang apa, dan manfaatnya apa saja )

Nah untuk tugas ini silahkan anak - anak buat dibuku. Tidak usah difoto sebab akan kita bahas saat kita bertatap muka besok setelah Idul Fitri

sdn1pagerandong

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar