Selasa, 26 Januari 2021

Bahan Konduktor dan Isolator ( Kelas 5 )

Assalamulaikum anak - anak, semoga semua dalam keadaan sehat. Tetap semangat dalam menghadapi BDR seperti sekarang ini. Kali ini kita masih mempelajari tema 6. Sebelum memulai belajar. Silahkan berdoa dulu sesuai agama dan kepercayaan masing - masing.

Yang kita pelajari hari ini tentang Bahan Konduktor dan Isolator.

Simak penjelasan materi hari ini.

Bahan Konduktor dan Isolator

Di sekitarmu terdapat banyak benda dengan berbagai macam bahan. Pemilihan bahan didasarkan pada sifat yang dimiliki bahan tersebut. Misalnya, benda yang dapat menghantarkan panas dan benda yang tidak dapat menghantarkan panas. Ada benda yang mempunyai kemampuan menghantarkan panas dengan baik. Ada pula benda yang tidak dapat menghantarkan panas. Bahan yang dapat menghantarkan panas dengan baik disebut dengan konduktor. Bahan yang tidak dapat menghantarkan panas disebut dengan isolator. Sedangkan ada bahan yang sedikit dapat menghantarkan panas yang disebut dengan bahan semikonduktor.




Bahan konduktor yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, biasanya terbuat dari bahan logam. Panci, wajan penggorengan, dan beberapa peralatan masak di dapur terbuat dari logam. Jenis logam yang paling sering digunakan untuk membuat alat-alat tersebut antara lain besi, aluminium, dan tembaga.

Bahan (  barang yang akan dibuat menjadi satu benda tertentu ) yang tidak dapat menghantarkan panas disebut isolator. Beberapa bahan yang termasuk sebagai isolator, antara lain adalah kayu, kain, dan plastik. Penggunaan bahan-bahan ini banyak sekali dijumpai di sekitar kita.



Penggunaan bahan konduktor dan isolator, dapat diterapkan secara bersamaan pada sebuah alat. Perhatikanlah gambar di bawah ini! Panci yang biasa digunakan untuk memanaskan air ini terdiri atas bahan yang berbeda. Ada bahan yang berfungsi sebagai konduktor, ada yang berfungsi sebagai isolator. Pada gambar tersebut, terlihat bahwa penggunaan bahan isolator berguna untuk mencegah panas dari sumber panas dialirkan ke pengguna panci. Aliran panas berhenti pada bahan isolator karena bahan tersebut, tidak dapat mengalirkan panas secara konduksi dari sumber panas. Sehingga, penggunaan bahan isolator terutama untuk melindungi pemakai alat agar tidak kepanasan dan dapat menggunakan alat tersebut sebagaimana mestinya.


Kata - Kata Penting dalam bacaan :
Bahan adalah Zat atau benda yang dibutuhkan untuk membuat sesuatu
Menghantar adalah Menyalurkan atau meneruskan sesuatu
Konduktor adalah bahan yang dapat menghantarkan panas dengan baik
Isolator adalah bahan yang tidak dapat menghantarkan panas
Semikonduktor adalah bahan yang efektifitasanya diantara konduktor dan isolator
Alat adalah suatu benda yang digunakan untuk memudahkan pekerjaan









Perhatikan dengan saksama bacaan di atas, dan kamu akan menemukan beberapa kata yang dicetak miring. Tuliskan kata-kata tersebut di dalam tabel berikut, lalu carilah artinya dengan menggunakan kamus. Buatlah paling sedikit dua kalimat dengan menggunakan kata-kata tersebut dengan menggunakan kalimat lengkap dan kata yang baku.

Tugas.

1. Buatlah tabel diatas di buku tugasmu
2. Artikan Kata disebelah kiri
3. Dan buatlah kalimat dari kata - kata tersebut masing - masing kata 2 kalimat
4. Jawaban silahakn ditulis di buku kalian masing - masing dan kita koreksi pada hari senin

Nah setelah menyelesaikan tugas diatas silahkan anak - anak baca bacaan berikut :

Sejarah Termos

Hampir semua keluarga memiliki termos di rumahnya. Termos memang sering digunakan untuk menyimpan air panas agar tetap panas saat digunakan. Biasanya keluarga yang memiliki bayi yang memerlukan susu setiap saat, menggunakan termos untuk menyimpan air panas. Termos adalah sebuah benda yang biasanya berbentuk tabung seperti botol yang mempunyai dinding berlapis. Benda ini dirancang berbentuk seperti kaca dengan bahan mengkilap yang dapat menyimpan cairan agar tetap memiliki suhu seperti semula. Dengan dinding dalam termos yang dirancang seperti kaca, maka kalor yang terdapat pada air panas tersebut tidak bisa berpindah dengan cepat. Panas yang dikeluarkan oleh air panas tadi, dapat ditahan oleh dinding dalam termos yang terbuat dari bahan mengkilap ini. Sehingga air panas di dalamnya akan tetap hangat hingga beberapa saat tergantung dari ketebalan dindingnya. Saat ini termos tidak hanya digunakan untuk menyimpan air panas, tetapi juga untuk menyimpan air dingin agar tetap dingin.

Penemu Termos



Pencipta termos pertama kali pada tahun 1902 adalah James Dewar. Penemuannya didorong oleh kebutuhannya untuk menjaga agar minuman bayinya tetap hangat. Tetapi saat itu, untuk menjaga suhu minuman agar tetap hangat merupakan hal yang sulit dilakukan, terutama dalam kondisi cuaca yang dingin seperti di Eropa.

Karena kebutuhan inilah, James Dewar menemukan cara membuat botol hampa udara. Botol hampa udara, merupakan wadah dari kaca berdinding ganda dengan ruang di antara dindingnya dikosongkan dan ditutup rapat untuk mencegah agar panas tidak menjalar. Sementara dinding sebelah dalam botol tersebut, dilapisi perak untuk mempertahankan panas. Botol hampa udara itulah yang kemudian menjadi cikal bakal lahirnya termos. Botol hampa udara buatan James Dewar dan penutup wol buatan mertuanya sampai sekarang dapat dilihat di Museum Ilmu Pengetahuan, di London. 

bagian - bagian termos 

Setelah ANAK - ANAK membaca bacaan diatas, kemudian silahkan anak - anak  jawab pertanyaan berikut ini. Tuliskan jawabanmu dengan  menggunakan kalimat yang lengkap dan kata-kata yang baku!

1. Apakah fungsi sebuah termos?
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................
2. Apa saja bahan yang digunakan untuk membuat termos pada masa itu?
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................
3. Gambarlah bagian-bagian termos sesuai bacaan di atas
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................

Jawaban silahakn ditulis di buku kalian masing - masing dan kita koreksi pada hari senin

Nah mungkin itu materi kita pada hari ini, jaga kesehatan dan selalui patuhi protokol kesehatan. Jangan lupa membantu kedua orang tua, istirahat yang cukup serta teruslah giat belajar.

Cukup sekian dari pak guru, Ass. Wr. Wb...

sdn1pagerandong

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar