Langkah-Langkah Membuat Gambar Cerita, Kelas 5

 Asslalamu alaikum Wr. Wb. Selamat pagi anak - anaku semua, hari ini kita masuk ke Pembelajaran 3 Sub Tema 3 Tema 8 Kelas 5. Adapun materi hari ini yaitu Pengaruh Kegiatan Ekonomi  terhadap Kesejahteraan Masyarakat . Silahkan kalian baca dan pahami penjelasan dalam bentuk teks yang akan pak guru share.

Materi ini ada pada buku paket kelas 5 BSE K13 Revisi ( Hal 127,128 , 131,132 )

Langkah-Langkah Membuat Gambar Cerita

Persiapan Bahan dan Alat 

Sebelum menyiapkan bahan dan alat, sebaiknya kamu tentukan dahulu jenis teknik yang akan kamu gunakan, teknik basah atau teknik kering? Setelah itu, persiapkan alat dan bahannya.


Menentukan Tema 

Pemilihan tema akan menentukan gambar yang akan dibuat. Penentuan tema dapat dilakukan dengan melihat lingkungan sekitar atau pengalaman diri sendiri dan orang lain

Pembuatan Sketsa 

Setelah menentukan tema langkah selanjutnya yaitu membuat sketsa. Sketsa sebaiknya dibuat lebih dari satu agar kita dapat memilih yang terbaik. 


Penyelesaian Gambar 

Dari beberapa sketsa yang dibuat dapat dipilih satu yang menurutmu paling baik. Kemudian, sempurnakan dengan menghapus garis-garis yang tidak perlu dan menambah garis atau coretan yang dirasa perlu agar gambar tampak lebih hidup. Jika sudah mantap, warnai gambarmu dengan rapi. Kamu dapat mewarnai dengan teknik basah atau teknik kering. Pewarnaan dengan teknik basah menggunakan cat air, cat minyak, atau tinta. Sebaliknya, pewarnaan dengan teknik kering menggunakan pensil warna, krayon, atau oil pastel.


Tahap Mewarnai Gambar dalam Membuat Gambar Cerita

Setelah menentukan tema dan membuat sketsa sesuai tema, tahap berikutnya ialah mewarnai gambar. Ada dua macam teknik pewarnaan, yaitu pewarnaan basah dan pewarnaan kering. Teknik pewarnaan basah ialah pewarnaan menggunakan media yang memerlukan pengencer, misalnya tinta, cat air, atau cat minyak. Sebaliknya, teknik pewarnaan kering ialah pewarnaan menggunakan media yang tidak memerlukan bahan pengencer, misalnya pensil warna, krayon, atau oil pastel.

Gambar berikut merupakan gambar dari sebuah cerita tentang seorang anak yang tidak mau bekerja sama dengan temannya dalam menyelesaikan tugas mewarnai. Saat melihat teman-teman lain telah menyelesaikan tugas, si anak mau bekerja sama untuk segera menyelesaikan tugas. Perhatikan gambar sebelum diwarnai dan setelah diwarnai.




Perhatikan gambar-gambar tersebut. Gambar pertama merupakan gambar sketsa yang telah disempurnakan. Gambar berikutnya merupakan gambar yang telah diwarnai.

TUGAS :

BUAT KEMBALI GAMBAR DIBAWAH INI SAMPAI KE PEWARNAAN



Ketentuan ;

1. Dibuat pada kertas Gambar A4 / A3 atau seukuran buku gambarmu
2. Hasil pewarnaan wajib penuh satu kertas
3. Gambar dibuat sama dengan atas akan tetapi racikan warna boleh dirubah
4. Tuliskan namamu dapa bagian belakang kertas yang tidak ada sketsanya
5. Gunakan pewarna, pastel/crayon, spidol

Selamat mengerjakan 


Tidak ada komentar untuk "Langkah-Langkah Membuat Gambar Cerita, Kelas 5"