Rabu, 20 Januari 2021

Macam-Macam Reklame ( Kelas 6 )

Assalamu alikum anak - anak semua, pagi ini kita masih menghadapi wabah COVID-19 yang belum selesai, maka dari itu pemerintah masih menerapkan Belajar Dari Rumah, Untuk itu anak - anak hari ini seperti biasa, belajar bersama pak guru di website milik sekolah.

Sebelum memulai belajar silahkan anak-anak berdoa dulu, agar apa yang akan anak-anak pelajari akan mudah terserap dan bermanfaat. Amiin.

Pagi ini pak guru akan bahas tentang macam-macam reklame, silahkan anak-anak pahami materi dibawah ini.

 




Setelah mengamati reklame di atas, jawablah pertanyaan berikut! 1. Apa bunyi tulisan pada papan reklame di atas? 2. Gambar apa yang terdapat pada papan reklame di atas? 3. Apakah tujuan pembuatan dan pemasangan reklame tersebut? 4. Lembaga apa yang memasang reklame tersebut?

Silahkan kalian jawab masing - masing didalam buku nggih..( untuk jawaban ini tidak usah dikirim kelink tugas maupun pak guru cukup kalian tulis dalam buku masing - masing )

Macam-Macam Reklame

Reklame adalah suatu karya seni rupa yang bertujuan untuk menginformasikan, mengajak, menganjurkan atau menawarkan produk (sesuatu berupa barang atau jasa) kepada konsumen. Reklame dibuat menarik, sehingga orang yang melihat ingin mengetahui informasi yang disampaikan, tertarik dengan ajakan yang disampaikan, dan ingin memiliki, menggunakan, atau membeli barang yang ditawarkan. Ada bermacam-macam reklame. 

Ditinjau dari tujuannya terdiri dari reklame komersil dan reklame nonkomersil. Ditinjau dari sifatnya, terdiri dari reklame peringatan, reklame permintaan atau ajakan, dan reklame penerangan. Ditinjau dari jenis (media), terdiri dari reklame audio, reklame visual, dan reklame audio visual. Reklame media visual dibagi dua jenis berdasarkan pemasangannya, yaitu reklame dalam ruang dan reklame luar ruang. Reklame dalam ruang biasanya ditempatkan di dalam gedung yang strategis dan dapat dilihat orang secara jelas. 

Reklame di luar ruang biasanya ditempatkan di luar gedung yang sering dilalui orang, misalnya pada sisi persimpangan jalan raya yang padat. Unsur reklame media visual yaitu berupa gambar dan tulisan. Contoh reklame media visual yaitu baliho, billboard, spanduk, poster, brosur, dan katalog. Perhatikan gambar beberapa contoh reklame media visual berikut. 










Amatilah reklame media visual berikut!





Ada bermacam-macam reklame seperti yang telah dijelaskan di depan. Apa yang telah kamu lakukan dalam mempelajari macam-macam reklame? Dapatkah kamu membuat karya reklame? 

Untuk membuktikan apakah kalian bisa membuat karya reklame sederhana, hari ini kita kan mempraktekan pembuatan reklame. Sebagai persiapan silahkan anak-anak persiapkan :

1. Pensil dan alat tulis lainya

2. Buku Gambar

3. Pewarna

Tugas Hari ini.

BUATLAH SATU BUAH REKLAME ( DALAM BENTUK BROSUR ) 

DENGAN TEMA " LOMBA MEWARNAI DI SD N 1 PAGERANDONG '

untuk keterangan reklame silahkan anak-anak berkreasi sendiri, dan untuk karya sebelum membuat lihat contoh brosur diatas, dan kreasikan sesuai imajinasi sendiri. Brosur silahkan diberi warna bagian yang harus diwarnai. Dan untuk hasilnya silahkan difoo dan kirimkan kepak guru. Hari berikutnya semua karya akan dipajang di bawah ini.



sdn1pagerandong

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar