Rabu, 10 Februari 2021

Bapak Budaya ( kelas 6 )

 Assalamulaikum, anak - anaku semua. Pagi ini kita bertemu lagi di pembelajaran daring. Semoga semua dalam kondisi sehat. Sebelum kita mulai belajar, silahkan anak-anak berdoa dulu sesuai agama dan kepercaaan masing - masing.


Pemimpin yang baik bekerja untuk kepentingan masyarakat luas. Ia pun harus menyampaikan kebaikan-kebaikan yang diharapkan akan diikuti oleh orangorang di sekitarnya. Untuk menyampaikan apa yang ada dalam pikirannya, seorang pemimpin harus mampu berkomunikasi dengan baik. Simaklah cerita berikut agar kita bisa belajar kebaikan dari tokohnya.

Bapak Budaya

Pemimpin yang baik adalah orang yang mau terus belajar dari siapa saja. Sebagai ketua RT yang dicintai warganya, Ibu Erika banyak belajar dari Pak Abdi. Beliau adalah Lurah Kampung Palapa, yang letaknya bersebelahan dengan Kampung Sehat Melati.

Seperti banyak orang lainnya, Ibu Erika terinspirasi atas keberhasilan Pak Abdi menggalang warga untuk menjaga nilai-nilai budaya lokal. Seperti yang dirasakan oleh Ibu Erika hari ini, ketika menghadiri undangan peringatan Hari Kemerdekaan di Kampung Palapa. Ibu Erika mendengarkan pidato Pak Abdi.

Warga Kampung Palapa. Sudah enam puluh delapan tahun negara kita berdiri mandiri, merdeka dari penjajah. Setiap tahun kita berkumpul merayakannya, bukan tanpa tujuan. Aneka lomba dan kegiatan makan bersama adalah bentuk syukur kita atas kebebasan untuk hidup berkarya, dan ungkapan terimakasih kita atas jasa para pahlawan yang berjuang untuk kemerdekaan ini.

“Wargaku tercinta, satu hal penting yang tak akan bosan saya sampaikan, adalah agar kita selalu menjunjung tinggi budaya lokal dalam setiap langkah. Aneka lomba tujuh belasan ini bukanlah untuk mengejar hadiah, tapi yang lebih penting adalah untuk meneruskan nilai luhur yang terkandung dalam berbagai permainan rakyat, kepada anak-anak kita.”

“Tarik tambang dan lomba bakiak mengajarkan nilai kerjasama, mengatur strategi, dan saling percaya. Balap karung, lomba kelereng dengan sendok, atau menyunggi tampah bola akan melatih keseimbangan dan kepercayaan diri. Ayo terus tanamkan nilai-nilai luhur kepada anakanak, karena jika kita tidak memelihara permainan tradisional, maka generasi mendatang tak akan bisa mengenalnya lagi.

“Selalu ada cara sederhana untuk melestarikan budaya bangsa. Tidak hanya rumah, tari, dan lagu. Permainan rakyat juga warisan leluhur yang penuh makna dan perlu dilestarikan.”

“Selamat berpesta memperingati kemerdekaan bangsa, wargaku. Cintai bangsamu, cintai budayamu.

Hati Ibu Erika bergemuruh seiring tepuk tangan seluruh warga yang hadir. Sekali lagi, Pak Abdi memberinya inspirasi. Selalu ada hal sederhana dari peninggalan leluhur yang patut dipelihara dan diteruskan kepada anak cucu.

----------------------------------SELESAI-----------------------------------

Catatlah nilai-nilai kepemimpinan yang dimiliki Pak Abdi dengan menjawab pertanyaan berikut.

 Manfaat apa yang diperoleh penduduk dari program atau kegiatan Pak Abdi? 

• Apakah Pak Abdi sudah mengajak penduduknya mengamalkan sikap persatuan? Jelaskan! 
• Apa yang ingin kamu ketahui lagi tentang Pak Abdi? Tulislah pertanyaan sebanyak-banyaknya! 

Jawab Pertanyaan tersebut fotokan dan japri pak guru nggih...

 

sdn1pagerandong

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar