Kamis, 07 Januari 2021

Mengapa Harus Melaksanakan Hak? Kelas 6

Assalamualikum.Selamat pagi anak - anaku kelas 6 di SD N 1 Pagerandong , Kaligondang Purbalingga. Kali ini pak guru akan share materi Tema 6 Sub Tema 1 Tentang Mengapa Harus Melaksanakan Hak?

Setiap  warga  negara  Indonesia  memiliki hak   mengemukakan pendapat dalam berbagai bentuk. Hak  mengemukakan pendapat  dalam pemilu ada batasan umur yaitu  setelah berusia tujuh belas tahun atau sudah menikah. Melaksanakan hak dalam pemilu sangat penting demi kesejahteraan bersama. Bagaimanakah  pengalamanmu  dalam  melaksanakan  hak   sebagai  warga negara Indonesia?

Mengapa Harus Melaksanakan Hak?

Pemenuhan hak   warga negara Indonesia berkaitan erat dengan upaya pemerintah Indonesia dalam mencapai tujuan nasional Indonesia. Kamu  tentu sudah memahami tujuan nasional Indonesia sebagaimana tercantum dalam Pembukaan Undang-Undang  Dasar Negara Repubublik Indonesia Tahun 1945 alinea keempat.

Untuk mencapai  tujuan  nasional,  ditetapkan  hak-hak  dan  kewajiban warga negara Indonesia dalam pasal-pasal  Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia.  Hak  dan kewajiban warga negara Indonesia hendaknya dilakukan secara  seimbang.  Tidak   boleh  hanya  melaksanakan  kewajiban atau sebaliknya. Biasakan mendahulukan kewajiban daripada menuntut hak. Dengan demikian, akan  tercapai  kesejahteraan  dan  keharmonisan  hidup berbangsa dan bernegara.

Pelaksanaan hak  warga negara Indonesia merupakan hal  yang  penting, misalnya pelaksanaan  hak  dalam pemilu. Pemilu merupakan kegiatan yang memilih orang untuk mengisi jabatan  politik  tertentu. Keikutsertaan warga negara  dalam pemilu sangat  penting untuk menentukan kebijakan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Dengan pemilihan secara langsung oleh rakyat diharapkan pejabat politik  yang   terpilih bisa melaksanakan amanah rakyat dengan menjalankan pemerintahan berdasar atas kedaulatan rakyat. Jadi kesejahteraan rakyat akan lebih  diperhatikan.

Sumber : https://www.gurune.net

Dalam materi ini anak - anak akan disuguhkan pertanyaan tentang kalimat utama, dan gagasan utama.

Kalimat utama adalah sebuah kalimat yang di dalamnya terdapat gagasan utama, gagasan pokok, ide pokok, pikiran pokok, ataupun ide utama, pada suatu paragraf.

Cara Menentukan Kalimat Utama


Terdapat tahapan langkah dalam menentukan kalimat utama, antara lain.

Kalimat utama dapat dipastikan berada d awal jika kalimat selanjutnya terdapat kata hal ini, hal tersebut, … ini, … itu, dsb. Kata-kata tersebut menegaskan bahwa kalimat sebelumnya adalah acuan terhadap persoalan yang dibahas oleh keseluruhan teks.

Perhatikan apa atau siapa yang dirujuk oleh kalimat-kalimat penjelas. Misalnya, kalimat-kalimat penjelas menjelaskan kegiatan merokok dari aspek ekonomi. Dengan begitu, kalimat utamanya adalah kalimat yang bermakna pernyataan umum bahwa merokok mempunyai hubungan erat dengan aspek ekonomi, contoh kalimatnya, “merokok adalah aktivitas buruk yang mahal.”

Contoh Kalimat Utama

1. Kalimat Utama Berada di Awal (Deduktif)

Paragraf yang kalimat utamanya berada di awal misalnya sebagai berikut.

Virus korona atau severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) atau yang disebut dengan COVID-19 adalah salah satu virus mematikan yang menyerang sistem pernapasan. Begitu mematikannya, virus ini menyerang manusia pada berbagai kalangan, mulai dari balita, remaja, orang dewasa, hingga lansia. Selain itu, virus ini juga dapat menimbulkan infeksi saluran pernapasan, seperti pneumonia.  Terlebih, penyebaran virus ini sangat cepat sehingga pada tanggal 11 Maret 2020 WHO resmi menetapkan bahwa virus korona sebagai pandemi global.

Sumber : https://www.studiobelajar.com/


Silahkan anak-anak amati materi diatas. Untuk quiz pak guru share di group



sdn1pagerandong

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar