Jumat, 22 Januari 2021

Bangun Ruang ( Kelas 6 )

Bangun ruang merupakan salah satu pokok bahasan yang banyak dijumpai di dalam kehidupan sehari-hari. Contoh bangun ruang adalah tenda segitiga, kaleng susu, atap rumah, topi petani, bola, dan beberapa benda lainnya. Contoh benda di sekitarmu ada yang berbentuk prisma, tabung, limas, kerucut, dan bola. Ayo, ingat kembali konsep sebelumnya tentang bangun ruang kubus dan balok. Baik luas permukaan bangun ruang maupun volume bangun ruang tersebut.





Seorang arsitek modern dalam desain perkantoran, banyak menggunakan bangun matematika sebagai dasarnya. Bentuk tersebut dikombinasikan dengan bentuk bangun yang lain. Contoh pembangunan gedung Cemindo Tower atau biasa dikenal Gama Tower yang berada di Jakarta Selatan. Gedung tersebut merupakan gedung tertinggi di Indonesia yang disusun dengan kombinasi prisma dan balok. Gedung-gedung ini terlihat sangat elok. Desainer bangunan tersebut telah menggunakan beragam bentuk bangun ruang geometri. Bentuk-bentuk ini dipelajari dalam matematika. Keberadaan gedung-gedung pencakar langit nan elok merupakan hasil karya manusia. Tangan dan akal manusia merupakan kebesaran Tuhan Yang Maha Esa. Bangun-bangun prisma, tabung, limas, kerucut, dan bola akan dibahas dalam Bab 3 ini.



A. Membaca dan Menulis Lambang Bilangan Bulat

1. Bangun Prisma

Pengamatan Perhatikan gambar 3.2. Pernahkah kalian mendirikan tenda saat kegiatan pramuka? Tenda apakah yang pernah kalian dirikan?








Prisma merupakan bangun ruang yang dibatasi oleh dua sisi. Sisi pertama berbentuk segi banyak, sejajar, dan kongruen. Sisi lainnya berbentuk persegi panjang. Prisma mempunyai bagian-bagian bangun yang bentuknya berbeda. Berikut ini merupakan bagian-bagian dari prisma.


 Berikut ini merupakan jaring-jaring prisma.


Kamu telah mengerjakan Pengamatan 2. Dimana paving pada Gambar 3.4 merupakan contoh bentuk prisma segienam.






Kerjakan Soal Dibawah Ini


a. Apakah nama bangun tersebut? 

b. Berapakah jumlah titik sudutnya? 

c. Berapakah jumlah sisi tegaknya? 

d. Apakah bentuk bangun setiap sisi tegaknya? 

e. Berapakah jumlah rusuknya? 

f. Sebutkan nama bentuk bangun sisi alas dan atasnya. Apakah keduanya mempunyai bangun yang sama? 

g. Berapakah jumlah seluruh sisi pada prisma tersebut?

UNTUK MENGISI PERTANYAAN DIATAS SILAHKAN KLIK LINK DIBAWAH INI

https://forms.gle/wKt4HZs6XpKR4vLQA


sdn1pagerandong

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar