Selasa, 18 Mei 2021

Zat Tunggal dan Campuran

 Assalamulaikum, Selamat pagi anak - anak. Semoga semua dalam keadaan sehat..

hari ini kita sudah maasuki tema 9 atau tema terahir di semster genap ini, semoga anak - anak semua diberikan kemudahan dalam memahami apa yang akan pak guru sampaikan, dan semoga walau belajar dengan kondisi seperti ini, anak - anak akan diberikan kemudahan dalam berfikir, bernalar dan kemudahan lainya.

Untuk hari ini kita akan belajar tentang Zat Tunggal dan Campuran


Semua benda yang ada di sekitar kita termasuk materi. Materi adalah segala sesuatu yang menempati ruang dan mempunyai massa. Berdasarkan komposisi penyusunnya, materi dibedakan menjadi zat tunggal dan campuran. 

A. Zat Tunggal 
Zat tunggal merupakan zat yang terdiri atas materi sejenis. Contoh benda termasuk dalam zat tunggal adalah air, garam, gula, dan emas 24 karat. 

B. Campuran 
Campuran adalah zat yang terdiri atas beberapa jenis materi atau zat tunggal. Campuran dapat dibedakan menjadi campuran homogen dan campuran heterogen.

1. Campuran 
Homogen Campuran homogen merupakan campuran yang zat penyusunnya tercampur sempurna. Pada campuran homogen, zat penyusunnya tidak dapat dibedakan. Contoh: air garam, sirop, udara, perunggu, kuningan. 

2. Campuran Heterogen 
Campuran heterogen merupakan campuran yang zat penyusunnya tidak tercampur sempurna. Pada campuran heterogen, zat penyusunnya masih dapat dibedakan. Contoh: campuran air dengan kopi, air dengan tepung, dan air dengan pasir.


Berdasarkan bacaan di atas, jawablah pertanyaan berikut!
Kerjakan di buku tulismu..

1. Apakah yang dimaksud zat campuran? 
2. Apa saja benda di sekitarmu yang termasuk dalam zat campuran? Tuliskan minimal 5

Susu kemasan merupakan zat campuran yang sering kita lihat, dalam gambar iklan dibawah ini terdapat Salah satu zat campuran yang kita contohkan tadi. Di televisi maupun dimedia lainya " Iklan Susu Kemasan " Menjadi salah satu iklan yang sering muncul, seperti halnya dengan contoh iklan dibawah ini.

Amatilah iklan berikut bersama orang tuamu


Jawablah Pertanyaan Dibawah Ini : 

1. Barang apa yang ditawarkan dalam iklan tersebut? 
2. Informasi apa saja yang kamu peroleh dari iklan tersebut? 
3. Benda yang ditawarkan dalam iklan termasuk zat tungal atau zat campuran? Apa alasannya?

Silahkan semua pertanyaan yang muncul anak - anak jawab dibuku tugas masing - masing, seperti biasa pak guru akan koreksi setelah kalian mengirimkan tugas materi ini. Terimakasih

sdn1pagerandong

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar