Rabu, 19 Mei 2021

Iklan dari Segi Bahasanya.

 Assalamulaikum, Selamat pagi anak - anak. Semoga semua dalam keadaan sehat..

hari ini kita sudah maasuki tema 9 atau tema terahir di semster genap ini, semoga anak - anak semua diberikan kemudahan dalam memahami apa yang akan pak guru sampaikan, dan semoga walau belajar dengan kondisi seperti ini, anak - anak akan diberikan kemudahan dalam berfikir, bernalar dan kemudahan lainya.

Untuk hari ini kita akan belajar tentang  Iklan dari Segi  Bahasanya.


“Segar nyatanya memang menyegarkan” Kalimat dalam iklan tersebut bersifat singkat, padat, dan jelas. Bahasa iklan pada iklan minuman di atas juga menarik bagi khalayak yang melihatnya untuk ikut menikmati kesegarannya. Orang yang melihat iklan minuman itu pun akan tersugesti dengan kesegarannya dan segera ingin menikmatinya. Contoh iklan selanjutnya adalah iklan mi instan. Kamu tentu pernah melihat iklan mi instan. Iklan yang kamu lihat itu terkadang ada lagunya. Bisa jadi yang melihat iklan tersebut ikut menyanyi jika lagunya menarik dan musiknya energik. Khalayak pun tersugesti ingin menikmati sensasi rasa mi instan yang diiklankan.


Bahasa iklan produk makanan yang sangat menarik akan mampu menggugah selera makan khalayak. Setelah tergugah, khalayak akan memuaskan rasa laparnya jika menikmati mi instan tersebut. Pengulangan kata hingga berkali-kali pada lagu dalam iklan sering terjadi. Pengulangan kata pada lagu menunjukkan adanya pilihan kata yang digunakan untuk menunjukkan sasaran iklan. Selain itu, pengulangan kata pada lagu dalam iklan juga menonjolkan informasi yang dipentingkan. Berdasarkan kedua contoh iklan televisi di atas, dapat dipahami adanya beberapa ciri bahasa iklan elektronik yang mampu menarik perhatian khalayak atau masyarakat umum. Beberapa ciri bahasa iklan yang dimaksud sebagai berikut.

1. Pilihan kata yang digunakan menarik, tepat, logis, dan sopan. 
2. Pilihan kata yang digunakan memiliki sugesti bagi khalayak. 
3. Pilihan kata yang digunakan menonjolkan informasi yang dipentingkan. 
4. Pilihan kata yang digunakan menunjukkan sasaran.


Tugas


Buatlah Satu buah gambar Iklan dengan bahasa yang menarik , dibuat dalam satu buah kertas gambar ukuran A4 atau kertas gambar biasa dan silahkan diberi warna. Untuk contoh bisa melihat iklan diatas




sdn1pagerandong

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar