Pengaruh Kegiatan Ekonomi terhadap Kesejahteraan Masyarakat ( Kelas 5 )

Asslalamu alaikum Wr. Wb. Selamat pagi anak - anaku semua, hari ini kita masuk ke Pembelajaran 3 Sub Tema 3 Tema 8 Kelas 5. Adapun materi hari ini yaitu Pengaruh Kegiatan Ekonomi  terhadap Kesejahteraan Masyarakat . Silahkan kalian baca dan pahami penjelasan dalam bentuk teks yang akan pak guru share.

Sebelum kalian mulai silahkan berdoa menurut agama dan kepercayaan masing - masing.

Ok kita mulai pembelajaran hari ini....

SELAMAT PAGI!!!

Pengaruh Kegiatan Ekonomi  terhadap Kesejahteraan Masyarakat 

Dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak lepas dari kegiatan ekonomi. Apa sajakah kegiatan ekonomi yang dilakukan sehari-hari? 

Kegiatan ekonomi meliputi kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi. Ketiga kegiatan ekonomi ini saling berkaitan satu sama lain. 

Satu kegiatan ekonomi terhambat, akan mengganggu kegiatan ekonomi lainnya. 

1. Produksi Apakah produksi? 

Amatilah kegiatan ekonomi seorang petani! Petani menanam padi di sawah, lalu memberi pupuk, dan menyiangi rumput yang tumbuh di sela-sela tanaman padi. Setelah bulir-bulir padi mulai bernas, petani mengusir burung-burung yang berusaha makan bulir-bulir padi itu. Saat padi menguning, itulah saatnya petani memanen. Hasil panen lalu dijual. 

Dari ilustrasi tersebut, si petani telah melakukan kegiatan produksi. Jadi, produksi adalah kegiatan yang dikerjakan untuk menambah nilai guna suatu benda atau menciptakan benda baru sehingga lebih bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan. 


Orang yang melakukan kegiatan produksi disebut produsen. Berikan contoh kegiatan produksi yang terdapat di sekitar tempat tinggalmu Kegiatan produksi berpengaruh terhadap kesejahteraan pemilik sumber daya ekonomi dan produsen. Sumber daya ekonomi adalah barang atau jasa yang dapat memberikan manfaat atau keuntungan. Sumber daya ekonomi dapat berasal dari sumber daya alam atau sumber daya manusia. Sumber daya ekonomi dapat diolah menjadi modal dasar pembangunan. Bagi pemilik sumber daya ekonomi, adanya proses produksi memungkinkannya memperoleh balas jasa. Balas jasa ini berupa sewa, bunga modal, atau gaji. Dengan balas jasa ini, pemilik sumber daya ekonomi dapat memenuhi kebutuhan hidup.

Bagi produsen, adanya proses produksi menyebabkan produsen memperoleh keuntungan. Selanjutnya, keuntungan tersebut digunakan untuk menjaga kelangsungan usaha dan memenuhi kebutuhan hidup. Ini dilakukan dalam upaya mencapai kemakmuran hidup. 

2. Distribusi Setiap hari kamu makan dan mengenakan pakaian. 

Bahan makanan tersebut dihasilkan di suatu tempat tertentu. Pakaian juga diproduksi di tempat tertentu lainnya. Untuk mendatangkan bahan makanan dan pakaian diperlukan kegiatan penyaluran. Kegiatan inilah yang disebut distribusi. Jadi, distribusi adalah kegiatan menyalurkan hasil produksi dari produsen ke konsumen. Orang yang melakukan kegiatan ini disebut distributor. Kelancaran distribusi barang membutuhkan sarana transportasi dan jalan yang memadai. Tujuannya agar hasil produksi dapat segera sampai kepada konsumen dengan cepat dan tepat sehingga kebutuhan konsumen segera terpenuhi 

3. Konsumsi Perhatikan aktivitas teman sekolah ketika waktu istirahat! 

Ada yang jajan di kantin, ada pula yang makan bekal dari rumah. Jajan di kantin dan makan bekal termasuk kegiatan konsumsi. Konsumsi adalah kegiatan manusia mengurangi atau menghabiskan nilai guna suatu barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan. Orang yang melakukan kegiatan konsumsi disebut konsumen. Untuk mengonsumsi barang atau jasa, masyarakat mengeluarkan pengorbanan tertentu. Pengorbanan dapat berupa uang atau waktu. Dari uraian di atas kamu mengetahui kegiatan ekonomi dan dampaknya bagi masyarakat. Kegiatan ekonomi dapat berdampak positif terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Ayo Mencoba Berdasarkan teks 

“Pengaruh Kegiatan Ekonomi terhadap Kesejahteraan Masyarakat” buatlah peta pikiran yang memuat informasi-informasi penting dari teks tersebut.

CONTOH PETA PIKIRAN


Itu contoh Untuk Tugas diatas 


jadi untuk tengah kalian isi "Pengaruh Kegiatan Ekonomi terhadap Kesejahteraan Masyarakat". Dan bagian luar disi " informasi-informasi penting ".