Kamis, 04 Februari 2021

Kisah Pak Dirman Seorang Guru SD Yang Menjadi Jenderal

Selamat Pagi anak - anak, kali ini pak guru akan share materi menarik untuk kalian.

Simak Baik - baik materi dibawah ini, jangan lupa berdoa sebelum memulai pembelajaran pagi ini.

Baca Kisah Pak Dirman dibawah ini!

Soedirman Guru Sekolah Dasar ( SD ) Menjadi Jenderal Besar Indonesia

pak guru dirman


Pak Dirman Lahir

Sosok sudirman sudah tidak asing lagi buat kita yang sering membaca sejarah Indonesia, tidak hanya itu materi sejarah tentang sosok jenderal besar Soedirman diajarkan dari SD sampai Perguruan tinggi.

Soedirman kecil lahir dari pasangan suami istri Karsid Kartawiraji dan Siyem saat mereka berdua tinggal di rumah saudara Siyem yaitu Tarsem di Rembang, Bodas Karangjati, Purbalingga, tepatnya pada 24 Januari 1916.

Tarsem ( bibi pak dirman ) bersuamikan seorang camat kala itu, dan bernama Raden Cokrosunaryo. Pamannya inilah yang mengadopsi sudirman menjadi seorang anaknya. Gelar Raden yang merupakan gelar bangsawan dan melekat pada pak Dirman didapatkan dari sang paman yang mengadopsi dirinya.

Soedirman mulai mengenyam pendidikan formal di Sekolah Taman Siswa (setingkat sekolah dasar/SD). Kemudian pada tahun 1923 dia melanjutkan ke Hollandsch-Inlandsche School (HIS).

Sudirman pernah belajar di Sekolah Guru ( Kweekschool ) Surakarta tepatnya di Persyarikatan Muhammadiyah Surakarta. Beliau melanjutkan sekolah guru setelah beliau lulus dari MULO ( Meer Uitgebreid large Onderwijs ) Wiworotomo kalau sekarang sekelas SMP. Akan tetapi Sudirman tidak sampai lulus di Kweekschool sebab kendala pembiayaan / dana. Sudirman hanya mampu bersekolah di ( Sekolah Guru ) selama satu tahun saja.

Pak Dirman Guru Sekolah Dasar

Sudrirman pun pulang ke Cilacap Jawa Tengah. Berkat guru pribadinya ( R. Mohammad Kholil ), Sudirman kemudian diangkat menjadi seorang guru Sekolah Dasar tepatnya di Hollandsch-Inlandsche School (HIS) Muhammadiyah Cilacap.

Sebagai guru, Soedirman mengajarkan kepada anak didiknya berupa pelajaran moral dengan menggunakan contoh dari kehidupan para rasul serta kisah wayang tradisional.

Salah seorang muridnya pernah menyatakan bahwa Soedirman adalah guru yang adil serta sabar. Gaya mengajarnya unik ia mencampurkan humor dan nasionalisme dalam pelajarannya. Karena hal tersebutlah pak dirman menjadi guru idola dan terkenal dikalangan murid – muridnya.

Gaji Pak dirman hanya 3 gulden, cukup kecil untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Meskipun bergaji kecil, Pak Dirman tetap mengajar dengan tekun dan giat. Karena kerja kerasnyalah, setelah mengajar beberapa tahun kemudian dia diangkat menjadi kepala sekolah walaupun dia tidak memiliki ijazah guru.

Setelah menjadi kepala sekolah, gaji pak dirman naik menjadi empat kali lipat, sebelumnya tiga gulden kini menjadi dua belas setengah gulden. Sebagai kepala sekolah, Pak Dirman mengerjakan berbagai tugas-tugas administrasi, termasuk mencari jalan tengah di antara guru yang berseteru.

Seorang rekan kerjanya mengisahkan bahwa Soedirman adalah seorang pemimpin yang moderat dan demokratis. Ia juga aktif dalam kegiatan penggalangan dana, baik untuk kepentingan pembangunan sekolah ataupun untuk pembangunan lainnya.

Setelah pendudukan Jepang karir menjadi guru akhirnya selesai, kemudian Pak Dirman melanjutkan karirnya di dunia Militer dan Sampai membawanya menjadi Sosok besar yang selalu dikenal di Indonesia dengan sebutan ” Jenderal Sudriman “.

Sumber artikelhttps://sekolahdasar.co.id/soedirman-guru-sekolah-dasar/

Dengan membaca bacaan diatas banyak hal yang bisa kita petik, antara lain,Allah menakdirkan apapun untuk manusia tidak akan pernah ada yang tahu kecuali Allah.

Semangat, kegigihan seseorang membawanya kepada kesuksesan.

JAWABLAH PERTANYAAN DIBAWAH INI

1. Siapakah yang mengadopsi soedirman kecil?

2. Apa isi paragraf ke - 3 ?

3. Tuliskan kalimat utama pada paragraf ke - 5 !

4. Mengapa gaya mengajar Pak Dirman disukai anak - anak ?

5. Mengapa Pak Dirman Berhenti menjadi seorang guru?

Untuk menjawab pertanyaan diatas silahkan klik " LINK " dibawah ini !

https://forms.gle/T1jW9eaVXUwv5QDAA


sdn1pagerandong

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar