Senin, 15 Februari 2021

Menulis Pidato ( Kelas 6 )

 Assalamulaikum, anak - anaku semua. Pagi ini kita bertemu lagi di pembelajaran daring. Semoga semua dalam kondisi sehat. Sebelum kita mulai belajar, silahkan anak-anak berdoa dulu sesuai agama dan kepercaaan masing - masing.



Menulis Pidato adalah menuangkan gagasan kedalam bentuk bahasa tulis yg siap dilisankan.
Teks pidato harus memuat: 


1. Salam pembuka 
Berisikan kalimat sapaan (selamat pagi, selamat siang, selamat malam dan lain-lain) 


2. Pendahuluan 
Memaparkan topik permasalahan yang akan dibahas. Kali ini kamu akan membahas pentingnya budaya tegur sapa bagi masyarakat. 


3. Inti Berisikan pembahasan topik secara lengkap. 
Kalimat ajakan atau bujukan digunakan untuk mengajak pendengar melakukan kegiatan yang diharapkan. Keterangan lengkap tentang topik disampaikan secara rinci. Untuk melengkapi topikmu, kamu harus menambahkan contoh– contoh yang mendukung manfaat budaya tegur sapa. 


4. Penutup 
Penyampaian rangkuman atau intisari topik yang telah disampaikan. 


5. Salam penutup 
Berisi kalimat salam penutup seperti ‘terima kasih’


Contoh Pidato Budaya Tegur Sapa

Assalamualaikum wr. wb,

Yang Terhormat Bapak Kepala Sekolah SD Budi Setia, Yang saya hormati barisan guru - guru yang mengajar di SD Budi setia, dan yang saya cintai teman - teman sekalian.

Seringkali kita melihat di wilayah perkotaan, bahwa masyarakat cenderung bersifat angkuh terhadap masyarakat lain. Hal ini akan cenderung membuat kita sebagai manusia menjadi makhluk yang sombong dan berpikir bahwa kita bisa hidup sendiri.

Namun faktanya tidak demikian, kita sebagai manusia tidak bisa hidup tanpa bantuan dan keberadaan dari orang lain. Karena itu, saya menghimbau kepada kita semua yang hadir pada saat ini, untuk mulai membudayakan budaya Tegur Sapa.

Kita bisa mulai dengan senyuman. Hendaklah kita di sekolah ini, membiasakan diri untuk tersenyum dan memberikan sapaan ketika kita bertemu sata sama lain, agar tercipta lingkungan yang harmonis, ramah, dan sejahtera di Sekolah yang ktia cintai ini.

Demikaian pidato singkat dari saya, mohon maaf bila ada kesalahan kata,

Assalamualaikum wr. wb


Tugas anak - Anak Hari Ini

Pahami materi hari ini,Tulis Ulang Materi Pidato diatas dibukumu,

sdn1pagerandong

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar