Senin, 25 Januari 2021

DAUR HIDUP HEWAN (KELAS 4)

 


Kepompong merupakan bagian dari pertumbuhan dan perkembangan kupu-kupu. Di dalam kepompong itu ulat akan berubah menjadi kupu-kupu. Proses pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup mulai dari lahir atau menetas hingga dewasa disebut daur hidup. Hewan mengalami daur hidup yang berbeda-beda. Ada yang mengalami metamorfosis sempurna, metamorfosis tidak sempurna, dan tidak mengalami metamorfosis.

Metamorfosis pada hewan dibagi menjadi 2, yaitu:

1. Metamorfosis sempurna

    Metamorfosis sempurna adalah perubahan bentuk dan fungsi organ tubuh hewan sejak telur menetas menjadi larva hingga menjadi individu dewasa. tahap larva mempunyai tahap yang berbeda dengan tahap dewasa. Hewan yang mengalami metamorfosis sempurna melewati empat tahapan, yaitu telur-larva-pupa-imago(dewasa). Contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna adalah kupu-kupu, lalat, nyamuk, katak.

metamorfosis kupu-kupu


metamorfosis lalat




metamorfosis katak



2. Metamorfosis Tidak Sempurna
    metamorfosis tidak sempurna adalah perubahan bentuk dan fungsi organ tubuh hewan yang tidak terlalu mencolok pada individu muda dan individu dewasa. Mengalami tiga tahapan yaitu telur-nimfa-imago(dewasa). Contoh hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna, yaitu belalang, capung, kecoa.

metamorfosis belalang


metamorfosis capung


metamorfosis kecoa




Simak video di bawah ini ya!



Amatilah hewan-hewan yang ada di sekitarmu, lalu isilah tabel di bawah ini!




TERIMA KASIH

Novita Wulandari

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar